logo blog

2 Cara Kirim Aplikasi Yang Terinstal Lewat Bluetooth Dan Wifi Di Android

2 Cara Kirim Aplikasi Yang Terinstal Lewat Bluetooth Dan Wifi Di Android

Bagaimana sih cara kirim aplikasi  yang terinstal  lewat bluetooth atau wifi ?? - Sudah merupakan salah satu dari fitur wajib bagi sebuah handphone ialah bisa kirim aplikasi atau file lainnya  dari satu perangkat ke perengkat lainnya, seperti mengirim file berupa audio, foto, atau pun video, seiring semakin berkembangnya tekhnologi para produsen handphone juga semakin meningkatkan kecanggihan dari handphone yang mereka produksi.

Berbicara tentang kirim aplikasi atau file dulu untuk mengirim file kita kenal dengan sebuah konektivitas yaitu infra red / infra merah dengan adanya fitur infra red pada sebuah perangkat handphone kita bisa mengirim atau menerima file dari satu perangkat dengan perangkat yang lain, namun kita tahu bila ingin mengitrim atau menerima file menggunakan koneksi infra red kita harus mendekatkan antara handphone yang akan mengirim dengan yang handphone penerima file dan posisinyapun harus benar-benar pas karena kalau posisi tidak pas atau bergeser sedikit saja maka proses transver  datapun akan gagal, selain itu mengirim file dengan menggunakan infra red ini tergolong lambat juga memakan waktu cukup lumayan lama dan juga belum support untuk kirim aplikasi.

Kemudian muncul lagi sebuah perangkat yang mana perangkat ini tergolong sedikit lebih canggih dari pada infra red yaitu Bluetooth, dengan bluetooth ini sudah bisa untuk saling kirim aplikasi walaupun masih membutuhkan aplikasi ketiiga dan juga dengan kenektivitas buelooth ini kita tidak perlu lagi untuk mendekatkan antara perangkat si pengirim dan penerima, dengan bueltooth juga bisa mengirim file dari kejauhan hingga kurang lebih lima sampai sepuluh meter tampa harus memperhatikan  posisi handphone dan kecepatan transvernya pun jauh lebih cepat dari pada infra red.

Saat ini kita mengenal smartphonne android yang mayoritas dari pada smartphone memiliki fitur wireless wifi, dengan wifi bisa mengirim file lebih cepat lagi dari pada menggunakan Bluetooth, sebenarnya wifi bukan hanya untuk transver file saja tapi masih banyak lagi kegunaan wifi dan tidak semua handphpone bisa kirim file menggunakan wifi langsung fitur hanya bisa gunakan oleh sebaian hp saja diantara handphone yang bisa transver file dengan wifi langsung adalah Samsung (versi androidnya paling tidak 4.1 atau jelly bean) tanpa harus di dukung dengan aplikasi tambahan, untuk handphone android selain samsung sebenarnya kirim file dengan konektivitas wifi juga bisa, harus menginstal aplikasi tambahan terlebih dahulu antara si pengiri dan si penerima.

Kirim Apliksai Yang Terinstal Lewat Bluetooth / Wifi Sebenarnya Ada Dua Cara


Cara yang pertama adalah kita harus membackup terlebih dahulu aplikasi yang hendak di kirim, cara membackupnya ialah kamu terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Clean Master melalui Google PlayStore.

Sesudah mengunduh dan menginstal, Buka aplikasi Clean Master kemudian menuju bagian App Manager / Pengelola Aplikasi
Centang aplikasi mana saja yang ingin kamu BackUp atau jadikan .APK seperti pada gambar di bawah ini karena saya ingin membackup aplikasi smule maka saya mencentang aplikasi smule / sing .Kemudian pilih BackUp dan tunggu hingga proses selesai.
Untuk dapat melihat Hasil BackUp, Biasanya dengan menuju File Manager Semua Penyimpanan Perangkat cari folder Clean Master kemudian folder BackUp. Jika ingin mengirim Aplikasi yang telah kamu BackUp, kalau sudah berbentuk apk maka kamu bisa mengirimnya sebagai mp3 atau vidio seperti biasanya lewat bloetooth atau wifi.

Kirim Aplikasi Atau File Lewat Aplikasi Shareit

Cara yang kedua adalah cara yang paling simple menurut saya untuk saling kirim aplikasi terinstal dan ini yang paling sering saya pakai dimana dengan cara ini kamu tidak perlu membackupnya bahkan kamu bisa langsung kirim aplikasi yang terinstal. Tapi cara ini hanya bisa menggunakan wifi tidak bisa kirim lewat bloetooth dan kamu harus mengunduh aplikasi SHAREit dari Google Playstore atau lebih tepatnya antara si pengirim dan si penerima harus sama-sama menginstall SHAREit.

Dengan SHAREit kita kirim file apa saja bahkan kirim aplikasi yang sudah terinstal tanpa harus kita backup terlebih dahulu. Berikut cara mengirim dan menerima file melalui shareit.


  • Pertama silahkan buka aplikasi SHAREit yang telah diunduh tadi baik handphone yang akan mengirim maupun yang akan menerima, maka akan keluar tampilan atau pilihan KIRIM dan TERIMA 
  • Untuk si pengirim silahkan pilih menu KIRIM dan si penerima pilih TERIMA, bagi si pengirim akan keluar menu berikutnya dimana kita di suruh memilih aplikasi atau file yang akan kita kirim
  • Silahkan pilih / centang aplikasi mana saja yang akan dikirim bisa pilih satu, dua aplikasi dan seterusnya kalau aplikasi yang ingin di kirim sudah tercentang semua, klik menu selanjutnya maka keluar tampilan seperti di bawah ini.

  • 2 Cara Kirim Aplikasi Yang Terinstal Lewat Bluetooth Dan Wifi Di Android
  • Kemudian pilih dan klik pada nama perangkat penerima yang tampil seperti pada gambar di atas maka proses pengiriman akan berjalan silahkan tunggu beberapa saat hingga pengiriman selesai
Untuk melihat hasil file yang telah terkirim silahkan pergi file manager di android sobat dan cari folder SHAREit atau Qiezi. kalau yang sobat kirim adalah aplikasi maka akan masuk di folder Apps

Baca : Cara Atasi Android Selalu Muncul Location Services

Seperti itulah cara kirim aplikasi terinstal lewat bloetooth dan wifi yang silahkan kalian pilih mau meggunakan mana tapi, saya rekomendasikan untuk menggunakan wifi atau gunakan aplikasi shareit saja karena kalau kita kirim aplikasi atau file menggunakan SHAREit akan lebih cepat dari pada lewat bluetooth, karena shareit menggunakan koneksi wifi. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan kalau menurut kalian bermanfaat boleh di share. terima kasih.
ads

Share this article:

your comments

VIEW Popular

Copyright © 2016. Kuota4g.net - All Rights Reserved