logo blog

Tips dan Tehnik Fotografi dengan Menggunakan Kamera Smartphone

Tips dan Tehnik Fotografi dengan Menggunakan Kamera Smartphone

tehnik fotografi
Siapa bilang jika kamera smartphone tidak bisa menghasilkan gambar berkwalitas layaknya jepretan kamera profesional. Asal tahu triknya anda bisa memanfaatkan kamera smartphone untuk mendapatkan foto yang bagus demi menyalurkan hobby fotografer yang terpendam. Tak perlu menunggu hingga bisa membeli kamera profesional berharga jutaan, gunakan smartphone anda dan terapkan trik yang kami bagikan berikut ini untuk melatih skill memotret anda agar semakin mumpuni.

Tips menghasilkan photo terbaik dengan berbekal kamera smartphone

1. Mendekat pada objek dan mengisi viewfinder secara penuh

Jika Anda mendapat suatu objek yang menarik, mendekatlah dan penuhi viewfinder camera smartphone Anda dengan objek yang Anda incar.  Masalah dari kamera smartphone umumnya adalah sensor camera yang kurang memungkinkan pengambilan gambar dari jarak jauh dan tetap menghasilkan gambar yang jernih. Oleh karena itu, selalulah berusaha mendekat pada objek pada saat mengambil gambar dengan kamera smartphone, sehingga gambar yang terambil bisa memiliki kejernihan gambar yang bagus.

2. Hindari menggunakan zoom

Salah satu keterbatasan dari kamera smartphone umumnya adalah masalah zooming (pembesaran gambar). Zoom smartphone umumnya berupa jenis zoom digital (bukan lensa), sehingga hasil gambar yang Anda dapatkan dari proses zoom ini  jauh kurang berkualitas daripada saat dalam mode normal. Karena dalam mode ini, pixel gambar hanya digandakan secara proporsional, sehingga tak heran jika hasilnya gambar menjadi kurang jelas dan bahkan pecah..

3. Coba gunakan rule of thirds

Kecenderungan para pemula adalah menempatkan objek pada tengah-tengah bidang gambar. Namun sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan menggunakan garis bantu rule of thirds dalam mengambil setiap gambar.  Secara sederhana, tule of thirds membagi layar Anda menjadi tiga bagian setara, secara horizontal dan vertikal. Saat ini hampr semua smartphone camera memiliki fitur ini. Anda tinggal mengaktifkannya dari bagian setting, maka pada layar Anda akan ada garis bantu rule of thirds. Cara menggunakannya gampang: letakkan objek yang akan Anda Ambil pada titik-titik persilangan dari garis-garis tersebut. Cobalah dan rasakan perbedaannya. 

Lihat juga : Harga Huawei G8 Di Indonesia dan Spesifikasi Lengkapnya

4. Cahaya yang mencukupi

Memotret adalah melukis dengan cahaya. Oleh karena itu cahaya sangat penting pada saat Anda memotret, terutama dengan smartphone.  Cahaya natural selalu lebih baik; walau begitu, jika suasana agak mendung, maka Anda bisa pula berimprovisasi dengan menambahkan cahaya buatan seperti papan poster putih sebagai alat untuk membantu menyinari objek Anda. Hindari menggunakan lampu flash bawaan smartphone, karena umumnya hanya membuat gambar tampak overexposed (kondisi terlalu banyak cahaya).

5. Ambil foto dengan orang di dalamnya

Lanskap pantai atau padang yang luas mungkin akan selalu menarik dijadikan objek pemotretan. Namun terkadang semua itu perlu lebih personal. Anda selalu bisa menambahkan orang di dalamnya, untuk memberi kesan lebih hangat dan memberi perbandingan antara kebesaran alam yang Anda potret dengan kecilnya manusia di dalamnya.

6. Gunakan aplikasi editor foto

Sebagai finishing, gunakan aplikasi pengolahan gambar yang bisa membantu Anda menaikkan kecerahan warna, kontras, filter, memotong gambar, dan lain sebagainya.  

7. Selalu jaga lensa supaya tetap bersih

Mungkin Anda bingung jika tiba-tiba gambar menjadi buram. Sebaiknya Anda memeriksa bagian lensanya, kemungkinan besar lenda Anda kotor. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk membersihkan lensa kamera smartphone Anda secara teratur.

Baca juga : 2 Cara Kirim Aplikasi Yang Terinstal Lewat Bluetooth Dan Wifi Di Android

Nah, itu dia beberapa tips dan trik menjadi fotografer profesional dengan berbekal kamera smartphone. Selamat mencoba..

ads

Share this article:

your comments

VIEW Popular

Copyright © 2016. Kuota4g.net - All Rights Reserved