Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis Agar Masa Pakai jadi lebih Lama - Kuota4G.NET

Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis Agar Masa Pakai jadi lebih Lama

Tips agar baterai hp android tidak cepat habis / ngedrop – Kebanyakan mereka pengguna smartphone Android sering mengeluh baterai dari smartphone nya boros, walaupun sudah didukung kapasitas baterai besar. Ada banyak hal yang mempengaruhi ketahanan  baterai hp android, dan termasuk di antaranya adalah jumlah aplikasi yang ada dan berjalan pada background process yang membuat CPU harus bekerja ekstra mengikuti pemrosesan yang sedang berjalan. Selain itu, masih banyak faktor lain seperti akses internet dan resolusi layar yang mampu menyedot daya baterai dalam jumlah cukup besar.

Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis Agar Masa Pakai jadi lebih Lama

Solusi utama untuk mendapatkan smartphone Android yang awet adalah dengan membeli smartphone berkapasitas baterai jumbo. Sayangnya rata-rata hp Android dengan kapasitas baterai yang besar kebanyakan di banderol dengan harga yang cukup mahal. Namun masih ada solusi agar bisa meningkatkan daya tahan baterai pada smartphone Android, selain membeli HP Android mahal dengan kapasitas baterai besar. Nah buat sobat  yang ingin tahu cara agar baterai Android awet dan masa pakai baterai menjadi lebih lama, silahkan di simak beberapa tips dibawah ini.

Matikan Notivikasi

  • Dengan menonaktifkan notifikasi menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga agar baterai Android tetap awet. Pasalnya setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi ataupun game yang terhubung ke internet akan lebih banyak menghabiskan daya baterai dengan lebih cepat, Cara untuk menonakfitkan notifikasi juga tergolong mudah, kalian cukup pergi ke menu setting kemudian  pilih Apps, pilih aplikasi atau game yang ingin anda matikan notifikasi nya, pada bagian bawah hilangkan tanda centang “Show Notification“.

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

  • Menggunakan live wallpaper memang mempercantik tampilan smartphone Android yang kalian miliki. Namun wallpaper jenis ini akan sangat menyedot baterai secara cepat, sehingga daya tahan baterai dan masa pakai baterai akan berkurang. Nah agar baterai Android Awet, lebih baik sobat memakai wallpaper statis atau yang tidak bergerak. Selain itu, lebih baik mengurangi pemakaian widget kurang bermanfaat atau jarang di pakai agar konsumsi daya pada baterai semakin menjadi lebih berkurang dan dapat di alihkan untuk kebutuhan lainnya seperti multimedia dan berkomunikasi lainnya.

Non Aktifkan Wifi

  • Kemudian cara agar baterai Android Awet dan tidak cepat habis berikutnya adalah dengan cara mematikan konektifitas Wi-Fi di saat sobat berada diluar ruangan, dan lebih memilih memakai jaringan 3G atau 4G LTE. hal ini cukup penting, karena sebuah smartphone akan terus mencari sinyal wifi yang paling dekat dengan perangkat, sehingga otomatis akan terus mengurangi daya baterai cukup besar. Namun bila mana memungkinkan untuk memakai jaringan Wi-Fi  maka lebih baik sobat memakai jaringan wifi saja, karena akan lebih irit konsumsi daya pada baterai jika dibandingkan memakai jaringan 4G atau 3G.

Baca juga :
Penyebab HP Android Cepat Panas dan boross baterai
Cara Atasi HP Andoroid Yang Download Aplikasi Sendiri


Kurangi Kecerahan Layar

  • Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghemat daya baterai HP Android. Semakin terang layar, maka semakin besar energi yang terpakai. Terlebih apabila layar tersebut memiliki resolusi Full HD ataupun Quad HD. Saran saya agar baterai Android awet dan tidak cepat habis, kalian harus mengubah kecerahan layar dari otomatis menjadi manual. Selain itu, atur pula waktu tampil layar (Sleep) dalam hitungan detik. Caranya pun cukup mudah, sobat hanya perlu masuk ke menu setting terus pilih display.


Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

  • Cara kelima agar baterai pada HP Android tetap awet adalah dengan cara mematikan aplikasi yang tidak terpakai pada layar belakang yaitu Caranya cukup mudah, sobat tinggal masuk ke menu setting lalu pilih Apps, selanjutnya ke running service, dan tinggal memilih mana aplikasi yang tidak terpakai. Rata-rata aplikasi yang menguras daya baterai sangat besar adalah aplikasi social media dan chating, jadi lebih baik matikan  atau disable saja aplikasinya tidak dipakai.


Non Aktifkan GPS

  • GPS menjadi salah satu faktor mengapa HP Android cepat habis. Jadi lebih baik matikan saja apabila sobat berada di dalam ruangan, dan tidak membutuhkan akses navigasi. Untuk mematikan GPS, sobat tinggal masuk ke menu setting lalu pilih menu lacation anda security. Namun ketika ingin melakukan berpergian, maka akan lebih baik kembali mengaktifkan nya untuk berjaga-jaga bila mana terjadi kehilangan agar smartphone masih bisa dilacak menggunakan aplikasi Android Device Manager

Baca Juga :

Android Device Manager Solusi Untuk Melacak Hp Yang Hilang Dengan Akun Gmail


Kurangi Penggunaan Data Internet

  • Jangan berlama-lama mengakses internet apabila kalian ingin baterai tetap awet dan tidak cepat habis. Lebih baik menggunakan jaringan se perlunya saja apabila sobat sudah selesai browsing atau bermain game online nya akan lebih baik kalau datanya di matikan. Selain itu, sobat juga bisa memilih mematikan jaringan seluler disaat berada pada area Wi-Fi Hotspot, dan juga jangan lupa untuk mematikan Wi-Fi disaat berpergian agar Wi-Fi tidak mencari sinyal otomatis, yang akan membuat baterai semakin berkurang ketahanan nya.

Demikianlah Cara mengatasi Baetarai HP Android Cepat Habis agar masa pakai jadi lebih lama dan kalau mungkin ada yang ingin bertanya atau menambahi silahkan tulis di kolom komentar di bawah, oke sekian dulu dari saya semoga manfaat dan terima kasih.

    Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis Agar Masa Pakai jadi lebih Lama | Misy | 4.5

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.